Caleg PKB Andi Arjunaedi Gugat Hasil Pemilu DPRD Bulukumba Dapil 4

BERITA-INDO.id — Andi Arjunaedi Caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak puas akan hasil pemilu DPRD Kabupaten Bulukumba. Secara perorangan dirinya telah mengajukan permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) tahun 2024.ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Andi Arjunaedi mengajukan sengketa hasil calon anggota DPRD Bulukumba Daerah Pemilihan (Dapil) 4 yang meliputi Kecamatan, Kajang dan Herlang.

Bacaan Lainnya

Kuasa hukum Pemohon, M Athoilah menuturkan, perolehan suara Pemohon dan PKB yang benar dan berpengaruh pada perolehan kursi anggota DPRD Kabupaten Bulukumba Dapil 4 ialah Andi Arjunaedi Amir memperoleh 1389 suara (Kajang) dan 454 suara (Herlang) serta Alkaisar Jainar Ikrar mendapatkan 1.719 suara (Kajang) dan 158 suara (Herlang).

Menurut Pemohon, selisih perolehan suara tersebut karena dugaan penambahan.. suara Alkaisar di TPS 001,002,003,004 005, dan 006 Desa Malleleng Kecamatan Kajang, Semua kotak surat suara di TPS-TPS itu dikumpulkan di TPS 006 yang seharusnya semua kotak suara dikumpulkan di PKK Kecamatan tanpa alasan yang jelas.

Berdasarkan form model D tentang kejadian khusus/keberatan saksi KPU, saksi dari PKB atas nama Kiki telah menyampaikan keberatan atas C hasil tidak tersegel TPS 004 Desa Malleleng. Pemohon mendorong dibukanya kotak surat suara dari TPS yang dimaksud untuk dilakukan penghitungan manual semua surat suara

“Apabila terbukti dugaan yang Pemohon gugatkan maka Pemohon mengajukan permohonan pemungutan suara ulang,” ujar Athoilah di Ruang Sidang Panel Gedung 2 MK, Jakarta Pusat pada Senin, 29 April 2024

Dalam petitumnya. Pemohon meminta Mahkamah membatalkan. Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota secara Nasional Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 sepanjang Daerah Pemilihan 4 (Kajang-Herlang) Kabupaten Bulukumba. Pemohon juga meminta Mahkamah menetapkan hasil perolehan suara yang benar menurut Pemohon yang bernama Andi Agunaedi Amir untuk pengisian keanggotaan DPRD Kabupaten Bulukumba Dapil 4

Perkara Nomor 85-02-01-27/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 disidangkan di Panel 2 yang dipimpin Wakil Ketua MK Saldi Isra didampingi Hakim Konstitusi Ridwan Mansyur dan Hakim Konstitusi Arsul Sani. (*)

Pos terkait